Jumat, 10 Februari 2017

Berkah Jum'at

Pada hari Jum’at Tujuh puluh malaikat duduk ditiap pintu masjid, mereka menulis nama-nama manusia yang datang berjum’atan.
Pada hari Jum’at pula,  Para Malaikat  naik ke menara didekat Baitullah yang dinamakan “Baitul Ma’mur”. Panjang menara tersebut  seperti ditempuh perjalanan 500 tahun. Para Malaikat  naik ke menara  lalu jibril mengumandangkan adzan,Isrofil Berkhutbah dan Mikail yang mengimami seluruh Malaikat.
Setelah mereka selesai melakukan sholat,Jibril berkata : “Pahala adzan yang kulakukan aku hadiahkan kepada muadzin dibumi.”.
 Isrofil berkata : “ Pahala Khutbahku aku hadiahkan kepada seluruh khotib yang ada dibumi.”
Mikail berkata : “ Pahala menjadi imamku,aku hadiahkan kepada seluruh manusia yang mengimami pada hari jum’at di bumi.
Kemudian para Malaikat berkata : “Pahala sholat berjamaah kami,kami hadiahkan kepada seluruh manusia yang sholat jum’at dibelakang imam.:”
Lalu Allah berfirman  :” Hai para Malaikat-Ku,apakah kamu semua merasa melebihi para hamba-Ku,sedangkan Aku adalah semulia-mulianya orang-orang yang mulia. Hai para Malaikat-Ku Aku menyaksikan kepadamu semua bahwa aku memngampuni hambaku yang berjum’atan.
Keutaman Jum’at juga ada dalam cuplikan hadits dari Syaikhul Imam Az Zinad Wasti dari Abu Mansur mengakatakan bahwa ketika nabi bertanya kepada Allah tentang apa yang umatnya dapatkan dari sisi Allah. Allah menjawab : “ Hari Jum’at dan Surga itu milik-Ku,keduanya Aku berikan kepada umatmu,keridhoan-Ku bersamaan dengan hari jum’at dan Surga sebagai hadiah untuk para umatmu.”
Dengan begitu,melewati hari Jum’at dengan sia-sia adalah suatu penyesalan yang besar karena sesungguhnya Jum’at adalah sebaik-baiknya waktu, yang barang siapa memohon kebaikan pada hari itu,niscaya Allah pasti memberikan kebaikan kepadanya. Atau,jika Allah tidak memberikan dalam waktu dekat maka akan disimpan dengan balasan yang lebih besar dari apa yang di inginkannya.

Dikutip dari pengajian kitab ‘Usfuriyah (pengampu : KH. Najib Affandi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar